no comments

Tips Bersiap Meraih Gelar PhD

1. Mampu mengatur waktu

Mahasiswa jenjang doktoral harus mampu memimpin diri sendiri, setidaknya ketika akan akan mengerjakan tugas dan penelitian. Pastikan kamu sudah siap sebelum mengambil pendidikan PhD, salah satunya dengan belajar mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu yang baik akan membantumu menyelesaikan berbagai kewajiban akademis dan kegiatan lain di luar kampus.

2. Bentuk kemampuan akademik

Mahasiswa PhD perlu memiliki otak yang kuat. Kamu tidak bisa mulai meraih gelar PhD bila kamu malas membaca berbagai buku dan materi terkait perkuliahan lainnya.

3. Punya rencana lain

Saat akan meraih gelar PhD pastikan kamu memiliki rencana cadangan. Misalnya, apa yang akan kamu lakukan dengan gelar tersebut; apakah bekerja di sektor swasta atau menjadi dosen dan peneliti, atau rencana lainnya.

4. Jangan lupa untuk bersenang-senang

Walaupun punya banyak tugas yang perlu diselesaikan, jangan lupa meluangkan waktu untuk bersenang-senang. Karena tanpa bersenang-senang, kamu akan stres dan sulit menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

5. Belajar untuk bisa kerja kelompok

Mahasiswa PhD bisa jadi harus menjalani penelitian dengan orang lain. Artinya kamu perlu untuk belajar bekerja dalam tim.

6. Contoh mahasiswa PhD lainnya

Cara terbaik untuk bisa meraih kesuksesan adalah dengan mulai mencontoh mahasiswa PhD lainnya atau berbicara dengan temanmu yang sudah berpengalaman.

7. Kuasai jurusan yang kamu ambil

Di antara caranya adalah mengetahui siapa peneliti yang paling menonjol di bidang kajianmu, topik yang menarik bagi mereka dan di kampus mana mereka bekerja.

8. Bangun motivasi

Apa yang paling mendorongmu untuk mengambil kuliah S-3? Bangunlah motivasi agar tetap semangat menjalani mengejar gelar PhD. Salah satu caranya, membuat proyek jangka pendek.

9. Fokus pada tujuan

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kemudian fokus pada target tersebut. Misalnya, dalam jangka pendek, targetmu adalah melanjutkan pendidikan ke jenjang S-3 usai lulus S-2.

10. Kemampuan bahasa

Jika bersekolah di luar negeri, maka sangat penting bagimu untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Jika perlu, kuasai juga bahasa asli negara tujuan

SUMBER:Afriani Susanti

DARIPADA:TEAM MPWS

KOMEN ANDA

Komen

TENTANG KAMI | PENAFIAN | HUBUNGI | HANTAR ARTIKEL