no comments

Problem statement dan Research Question

Selamat pagi Dunia…
RESEARCH QUESTION..
Istilah PROBLEM STATEMENT dan RESEARCH QUESTION pasti bukan hal yang aneh di telinga teman-teman semua, tapi kebanyakan yang dialami oleh teman-teman adalah kebingungan dalam merumuskan kedua hal tersebut, termasuk juga saya (^_^)
Oleh sebab itu, dalam pertemuan kali ini akan dibahas mengenai kedua hal tersebut. Semoga apa yang saya tuliskan bisa dimengerti oleh teman-teman dan bisa bermanfaat untuk kita semua, Aamiin..

PROBLEM STATEMENT (PERUMUSAN MASALAH)

Problem Statement atau yang dikenali sebagai Perumusan Masalah merupakan maklumat idari penelitian, kerana merupakan hal yang sangat penting dan utama dalam penelitian. Dalam merumuskan suatu masalah harus jelas (unwaving clarity), dinyatakan secara tepat (precise) dan tanpa kesalahan (unmistakable). Perumusan masalah ini yang nantinya akan membezakan antara penelitian satu dengan yang lain.

 

Bagaimana mendifinisikan dan merumuskan masalah??

Masalah adalah suatu situasi dimana suatu fakta yang terjadi sudah berlainan dari batas-batas toleransi yang diharapkan. Dengan adanya permasalahan ini, maka akan didapatkan suatu peluang untuk dilakukan penelitian. Dimana peluang merupakan suatu keadaan eksternal yang menguntungkan jika dapat diraih dengan usaha-usaha tertentu, tetapi juga dapat menjadi ancaman bila peluang itu dapat dimanfaatkan oleh pesaing.

Contoh Statement Problem :

Adanya gejala penurunan produktiviti produksi. Output suatu produk berkurang dari waktu ke waktu padahal inputnya tetap.

Contoh Peluang yang diperlukan dalam  perbaikan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dari segi :

  • Pendidikan. Pada umumnya seseorang yang mempunyai pendidikan yang lebih tinggi akan mempunyai produktiviti kerja yang lebih baik.
  • Motivasi. Pimpinan perusahaan perlu mengetahui dan memahami motivasi kerja dari setiap pengkarya.
  • Disiplin kerja. Disiplin kerja adalah sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang sentiasa kehendak untuk mengikuti dan memahami segala peraturan yang telah ditentukan. Disiplin kerja mempunyai hubungan yang erat dengan motivasi. Kedisiplinan dapat dibina melalui latihan-latihan antara lain dengan bekerja menghargai waktu dan biaya yang akan memberikan pengaruh positif terhadap produktiviti karyawan.
  • Tekhnologi. Adanya kemajuan tekhnologi meliputi peralatan yang semakin automatk dan canggih yang dapat mendukung tingkat produksi dan mempermudah manusia dalam melaksanakan pekerjaan.
  • Sarana produksi. Faktor-faktor produksi harus memadai dan saling mendukung dalam proses produksi.
  • Pengurusan. Adanya pengurusan  yang baik, maka karyawan akan berorganisasi dengan baik pula. Dengan demikian produktiviti kerja akan maximum.
  • Kesempatan berprestasi. Setiap orang dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, dengan diberikan kesempatan berprestasi maka karyawan akan meningkatkan produktivitnya.
  • Dan lain-lain.

Langkah-langkah Perumusan Masalah :

  1. Tetapkan tujuan penelitian
  2. Tulis masalah dengan jelas dan lengkap
  3. Fikir, cermat dan pergiraan
  4. Nyatakan dengan jelas apa yang dimaksudkan.

Pada umumnya perumusan masalah diakhiri dengan  bersifat tegas, lugas dan jelas, sehingga tidak memungkinkan adanya pemahaman lain terhadap kalimat tanya tersebut. Kalimat tanya inilah yang dikenal dengan “Research Question” dalam tahapan penelitian.

 

RESEARCH QUESTION

Setelah masalah diketahui, selanjutnya dibuat suatu rumusan masalah yang tujuannya adalah agar peneliti maupun pengguna hasil penelitian mempunyai persepsi yang sama dengan penelitian yang dihasilkan. Permasalahan penelitian merupakan justifikasi atau alasan mengapa penelitian tertentu dilakukan. Sedangkan pentingnya permasalahan dapat ditinjau dari berbagai aspek (budaya, teknik, sosial, ekonomi, dan sebagainya). Jadi, Problematika penelitian hendaknya juga mencakup bukan hanya “what” tetapi juga mencakup

“whom”,”where”’,”who”’,”when”,”why” dan”how” atau disingkat konsep 5 W + 1H

 

  • What

Apa yang hendak atau layak untuk diteliti?

  • Where

Dimana anda melaksanakan penelitian? Apakah di daerah tertinggal, daerah transmigrasi, daerah kumuh, dan sebagainya

  • When

Kapan pantasnya penelitian itu dilaksanakan? Sekarang, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya.

  • Who

Siapa yang berperanan dalam masalah tersebut, siapa yang dominan, siapa yang menyebabkan, siapa yang kena akibatnya, siapa yang membantu, dan sebagainya?

  • Why

Mengapa terjadi demikian, mengapa orang ini terlibat, mengapa kenyataan tidak sesuai dengan program? dan sebagainya.

  • How

Bagaimana keadaannya, bagaimana peranannya, bagaimana kejadiannya? dan sebagainya.

Semuanya ini sebagai media untuk spesifikasi masalah.

 

Demikian…semoga bermanfaat..

 

 

SUMBER :  EMIELDA RIZQIAH

KOMEN ANDA

Komen

TENTANG KAMI | PENAFIAN | HUBUNGI | HANTAR ARTIKEL