no comments

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dengan Benar

Jurnal adalah salah satu media untuk menyampaikan infomasi dalam bentuk tulisan artikel. Secara umum, proses penerbitan jurnal dilakukan secara berkala dengan waktu yang ditentukan. Semisal tiap 3 bulan atau satu semester sekali.

Secara definisi jurnal adalah karya tulis ilmiah yang memilik isi pembahasan yang cukup luas dengan isi yang padat. Umumnya jumlah halaman jurnal ada sekitar 6 hingga 8 halaman saja. Dengan tiap halaman memiliki pembasan yang berisi.

Tujuan membuat jurnal digunakn untuk sebagai media mengembangkan keilmuan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Bisa juga menjadi bahan rujukan dalam melakukan penelitian.

Ada beberapa jenis jurnal yang sering digunakan, semisal jurnal populer, jurnal sekolah, dan masih banyak lagi. Disetiap jenis memiliki fungsi dan cara membuat yang sedikit berbeda.

Jurnal memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah Professional or Trade Journals, Popular Journals, dan Scholarly Journals.

8 Kerangka dan Susunan Jurnal

Untuk menghasilkan karya tulis yang ilmiah ada beberapa kerangka dan susunan jurnal yang benar. Setiap bagian harus ada dan mencakup didalam jurnal. Berikut ini susunan secara umum jurnal ilmiah.

  1. Judul
  2. Abstrak
  3. Pendahuluan
  4. Bahan dan Metode
  5. Hasil
  6. Pembahasan
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka

Nah itu, beberapa susunan jurnal yang sering dipakai. Selanjurnya adalah langkah-langkah cara membuat jurnal dengan benar. Penjelasan selengkapanya sebagai berikut ini.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam membuat jurnal dengan benar. Cara dibawah ini dapat pembaca gunakan sebagai bahan untuk menulis jurnal. Langsung saja berikut ini tahapan mudah membuat jurnal.

  1. Membuat Judul Jurnal

Langkah pertama ialah membuat judul jurnal yang akan kita tulis. Tentu semua karya tulis ilmiah memiliki judul yang bagus dan jelas. Adanya judul akan memudahkan pembaca dalam mengetahui tema yang sedang akan dia baca.

Untuk pemilihan judul, buat sejelas mungkin dan semenarik mungkin. Semisal PERAN TASAWUF MODERN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN. Bila orang lain membaca judul maka secara tidak langsung akan mengetahui isi sekilas tema tulisan.

  1. Membuat Abstrak Jurnal

Selanjutnya adalah membuat abstrak jurnal yang baik. Apa itu abstrak? Banyak mengira bagian ini adalah kesimpulan dari isi tulisan, namun itu kurang tepat. Abstrak sendiri berbeda dengan kesimpulan.

Sebab fungsi dari abstrak adalah untuk memberikan gambaran terhadap keseluruhan isi karya. Bukan penarikan kesimpulan dari keseluruhan isi jurnal.

Isi abstrak harus memiliki beberapa kriterian berikut ini yaitu ringkas, padat, jelas, dan obyektif. Selain itu, abstrak harus berdiri sendiri, Maksudnya didalamnya tidak boleh berisi kutipan ataupun catatan kaki.

Untuk total kata abstrak minimal kurang lebih 250 kata. Dengan ketentuan isi sepeti tujuan jurnal, metode, hasil serta kesimpulan singkat dari isi karya tulis tersebut.

  1. Pendahuluan Jurnal

Langkah ketiga adalah membuat pendahuluan jurnal. Pada bagian ini berisi mengenai sekilas dari teman yang sedang diangkat. Selain itu, tujuannya adalah agar pembaca paham tentang tujuan serta metode penelitian.

Isi pendahuluan mencakup mengenai latar belakang masalah serta ulasan mengenai dari manfaat dari tulisan tersebut. Untuk pendahuluan sendiri umumnya ditulis sebanyak satu lembar dan bersambung dengan bagian selanjutnya.

  1. Bahan dan Metode Penelitian

Bagian bahan dan metode penelitian jurnal berisi tentang tahapan percobaan yang telah dilakukan penulis karya. Sedangkan pembahasannya mencakup metode penelitian, percobaan dan alat percobaan.

Selain itu juga berisi, jenis metode pengumpulan data, tempat, dan tipe pengendalian masalah.

Pada bagian ini harus ditulis dan dijelaskan sedetail mungkin, jelas, dan mudah dipahami. Sehingga pembaca dapat memahaminya dengan baik. Bagian ini juga menjadi perhatian penting bagi setiap penulisan karya ilmiah.

  1. Menulis Hasil Percobaan atau Penelitian

Bagian hasil percobaan jurnal memberikan informasi tulisan yang cukup singkat. Dengan isi seperti penjelasan berbentuk teks, diagram atau tabel, serta gambar-gambar yang relevan.

Data yang ditampilkan haruslah objektif, sehingga tidak boleh ada interprestasi dari siapapun. Oleh sebab itu, penulisan bagian ini juga menjadi bagian yang harus diperhatikan.

Untuk memudahkan pembaca memahaminya, data dapat disajikan dalam bentuk diagram batang, tabel dan gambar. Ditambah penjelasan deskripsi singkatnya.

  1. Pembahasan Jurnal

Langkah selanjutnya adalah menulis pembahasan jurnal. Pada bagian ini, penulis karya menjelaskan data yang ditampilkan tadi secara teks deskripsi.

Dalam menjelasakannya penulis merujuk juga dari kejadian ketika pengamatan yang dilakukannya. Semisal dari satu variabel dengan variabel lain memiliki hubungan atau korelasi atau tidak.

Dalam penyampaiannya bisa jadi akan sama dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh orang lain. Bisa juga memiliki hasil yang berbeda dengan peneliti lain. Hal tersebut sah-sah saja dan diperbolehkan.

Sehingga dalam penelitian, tidak harus sama dengan hasil terdahulu. Namun juga tidak harus berbeda. Hal yang terpenting adalah keobjektifan karya tulis jurnal ilmiah.

  1. Kesimpulan Jurnal

Setelah mengulas seluruh isi jurnal dengan baik dan jelas. Tahapan selanjutnya adalah membuat kesimpulan dari keseluruhan isi jurnal.

Didalam bagian ini, penulis memberikan kesimpulan mengenai percobaan yang telah dia lakukan. Sehingga pada kesimpulan ini berisi penarikan informasi penting hasil dari penelitian. Tentu tetap dengan merujuk pada data-data yang disampaikannya di atas.

  1. Daftar Pustaka Jurnal

Bagian daftar pustaka jurnal ditulis pada bagian belakang halaman. Pada bagian ini berisi data-data buku atau literatur yang kita gunakan sebagai bahan rujukan. Semisal kutipan, data penelitian terdahulu, statement para ahli.

Setiap karya ilmiah harus terdapat bagian ini. Dalam penulisannya juga harus sesuai dengan cara menulis daftar pustaka yang telah ditetapkan.

 

Sumber Ibnudin

Dari Team MPWS

KOMEN ANDA

Komen

TENTANG KAMI | PENAFIAN | HUBUNGI | HANTAR ARTIKEL