no comments

Apa itu SPSS, Ini Dia Fungsi dan Cara Menggunakannya

                                                                                 

Sebelum membicarakan software SPSS, mari kita cari tahu ‘apa arti SPSS?’ Ini adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. Seperti yang bisa Anda lihat, namanya mencerminkan pasar asli perangkat lunak ini, yaitu ilmu sosial. Namun, versi terbaru dari paket perangkat lunak ini secara resmi diberi nama IBM SPSS Statistics. Diketahui bahwa program ini digunakan untuk analisis statistik tanpa batched dan batched. Jangan khawatir, akhirnya, kita akan membahas penggunaan Statistik SPSS.

SPSS Statistics awalnya dirilis pada tahun 1968, sementara rilis stabil terakhir adalah pada tanggal 15 Maret 2016. Sebelum waktu itu, periset memiliki pekerjaan yang sulit – mereka harus menjalankan berbagai uji statistik pada kumpulan data dengan tangan mereka sendiri. Bayangkan saja berapa lama mereka melakukan itu – pasti butuh banyak waktu dan usaha! Untungnya bagi peneliti, hari ini kita memiliki paket perangkat lunak yang membantu mereka melakukan pekerjaan mereka.

Apa Kegunaan SPSS Statistics ?

Anda akan terkejut mengetahui bahwa IBM SPSS Statistics 24 terbaru memiliki banyak hal yang ditawarkan bagi mereka yang bekerja dengan berbagai data. Ini digunakan untuk pembuatan ulang file, analisis data, pembuatan data turunan, pengelolaan data, analisis statistik. Selain fitur yang sudah dijelaskan, ada juga statistik lain yang disertakan dalam perangkat lunak dasar:

– Linear regression which is used for prediction of numerical outcomes;
– Descriptives and frequencies;
– Cross tabulation;
– Descriptive ratio statistics;
– Factor analysis, discriminant, cluster analysis that are used for prediction for identifying groups.
– Bivariate statistics that include correlation, means, t-test, nonparametric tests, and ANOVA.

Anda dapat mengakses fitur program ini melalui menu pull-down atau, jika Anda kuat dalam bidang ini, “buat” mereka menggunakan bahasa sintaks perintah 4GL proprietary. Selain fitur utama, perangkat lunak juga dapat menulis dan membaca data dari berbagai file ASCII, database, spreadsheet atau paket statistik. Anda juga dapat menggunakan Statistik SPSS untuk menulis dan membaca tabel database relasional eksternal dengan menggunakan SQL atau ODBC.

 

Sumber Rizky Winroid

Dari team Mpws

KOMEN ANDA

Komen

TENTANG KAMI | PENAFIAN | HUBUNGI | HANTAR ARTIKEL